Penerimaan Mahasiswa Baru FMIPA Jalur Mandiri Diseleksi Ketat

Setelah sukses menyelenggarakan seleksi mahasiswa melalui jalur SBMPTN, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar kembali membuka penerimaan mahasiswa baru melalui Jalur Mandiri. Seleksi jalur mandiri tersebut dilaksanakan secara seretak di lingkungan Universitas Negeri Makassar selama dua hari, mulai tanggal 23 hingga 24 Juli 2019.

 

Mekanisme seleksi jalur mandiri dilaksanakan melalui dua tahap. Pada seleksi tahap pertama,  seluruh calon mahasiswa baru FMIPA harus mengerjakan Test Potensi Akademik yang secara langsung diawasi oleh para dosen dan juga Tim Penjamin Mutu FMIPA. Jenis test pada tahap ini dikhususkan untuk mengukur tingkat kemampuan kognitif calon mahasiswa baru. Perolehan nilai hasil Test Potensi Akademik yang tinggi mengindikasikan potensi mahasiswa untuk mengikuti proses pembelajaran dengan baik di tingkat perguruan tinggi.

 

Selain mengikuti Test Potensi Akademik, para calon mahasiswa baru juga diwajibkan mengikuti Test Wawancara yang dilaksanakan pada hari kedua, 24 Juli 2019. Pimpinan fakultas dan jurusan di lingkungan FMIPA UNM berpartisipasi aktif sebagai Tim Pewawancara. Tidak hanya itu, Ketua Himpunan dari lima jurusan dan dua program studi di lingkungan FMIPA UNM juga turut mengambil bagian untuk membantu kelancaran seleksi wawancara calon mahasiswa baru. Hal ini menunjukkan koordinasi dan kerja sama yang baik civitas akademika FMIPA UNM.

 

“Pelaksanaan seleksi jalur mandiri tahun ini cukup ketat, khususnya untuk Prodi Pendidikan Biologi dan Prodi Statistika yang memiliki jumlah peminat tertinggi di FMIPA. Karena tingginya jumlah peminat, maka persaingan diantara calon mahasiswa sangat ketat. Proses seleksi dilakukan sesuai tata tertib dan prosedur jalur mandiri untuk memenuhi kuota maksimum 30% dari jumlah mahasiswa baru. Untuk menjamin kualitas proses seleksinya, Tim Penjamin Mutu FMIPA juga mengawasi secara langsung pelaksanaan seleksi jalur mandiri selama dua hari ini.” Ungkap Wakil Dekan Bidang Kerjasama dan Pengembangan FMIPA, Dr. Andi Asmawati Azis, M.Si.

 

(Kontributor: Andi Citra Pratiwi – Andi Asmawati Azis)