FMIPA Pamerkan Hasil Inovasi di Pameran Pendidikan Universitas Negeri Makassar

 

Pameran Pendidikan dalam rangka Dies Natalis Universitas Negeri Makassar ke-58 digelar di pelataran Menara Phinisi pada tanggal 31 Juli – 1 Agustus 2019. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)turut berpartisipasi dalam pameran pendidikan tersebut dengan memamerkan berbagai karya dan produk kewirausahaan dari lima jurusan dan dua prodi di lingkungan FMIPA.

Sebagai lembaga yang berperan aktif dalam memanfaatkan hasil penelitian terbaru untuk pengembangan produk, FMIPA memamerkan berbagai produk hasil inovasi yang dikembangkan oleh para dosen di lingkungan FMIPA UNM. Beberapa contoh hasil pengembangan produk kewirausahaan yang dipamerkan di stan FMIPA diantaranya Virgin Coconut Oil yang diproduksi oleh Ir. Halifah Pagarra, Ph.D dari Jurusan Biologi dan Sarabba instan yang disajikan dengan rasa vanila dan coklat hasil pengembangan Dr. Halimah Husain dari Jurusan Kimia.

Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Dr. Ir. Nurdin Abdullah, juga sempat mencicipi kekhasan sarabba instant hasil produksi dosen Jurusan Kimia. “Sarabba instant ini tersedia dalam berbagai varian rasa, misalnya vanila dan coklat. Keunikan dari Sarabba yang kami kembangkan ini adalah rasa khas jahe yang tidak hilang, meskipun telah bercampur dengan rasa vanila dan coklat.” Ungkap Dr. Halimah Husain sebagai produsen Sarabba instan tersebut.

Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Nurdin Abdullah, Mencicipi Sarabba Instan di Stan FMIPA bersama Rektor UNM, Prof. Husain Syam, M.TP.

 

Berbagai tanaman hias, pupuk organik cair, dan kompos, yang diproduksi oleh Kebun Percobaan Jurusan Biologi juga menjadi salah satu daya tarik bagi pengunjung pameran pendidikan. Aneka jenis tanaman kaktus yang dipamerkan di stan FMIPA juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Bagi para alumni yang mengunjungi stand FMIPA, pameran pendidikan yang dilaksanakan sekali setahun tersebut dapat memberi informasi terbaru, khususnya mengenai produk-produk terbaru yang dikembangkan di lingkungan Universitas Negeri Makassar. “Sebagai alumni biologi, rasanya bangga sekali setelah melihat perkembangan dari FMIPA sendiri, khususnya beberapa produk tanaman hias dari Jurusan Biologi. Dan juga berbagai produk lain seperti minuman hasil olahan jahe dari Jurusan Kimia yang memberi wawasan baru bagi saya pribadi.” Ungkap Rahmayani sebagai alumni yang mengunjungi stan FMIPA di Pameran Pendidikan.

 

(Kontributor: Andi Citra Pratiwi, Andi Asmawati Azis.)