Delapan Tim PKM FMIPA Melaju Ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 2019

Ketua LPM Universitas Negeri Masyarakat, Prof. Bakhrani A. RAuf, bersama Pimpinan FMIPA pada Kegiatan pendampingan Tim PKM FMIPA UNM 2019

 

Rabu, 7 Agustus 2019, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) melaksanakan seminar pendampingan bagi delapan tim PKM yang berhasil melaju ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 2019. Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Drs. Suwardi Annas, Ph.D., memberi selamat atas pencapaian dan kerja keras para mahasiswa dan dosen pembina Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) FMIPA. Keberhasilan delapan Tim PKM FMIPA melaju ke Pimnas adalah kebanggaan tersendiri bagi civitas akademika Universitas Negeri Makassar. Pasalnya, FMIPA menjadi fakultas dengan jumlah tim terbanyak yang lolos ke Pimnas, dari total 21 Tim PKM UNM yang akan bersaing memperebutkan medali di tingkat nasional.

Seminar pendampingan ini juga dihadiri oleh Ketua Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat, Prof. Dr. Ir. Bakhrani A. Rauf, M.T, untuk memberikan arahan persiapan dan pemantapan presentasi dan poster yang akan ditampilkan Tim PKM FMIPA di Pimnas. Menurut Prof. Bakhrani, Kesuksesan UNM meloloskan Tim PKM di tahun 2019 ini nyaris mengulang kesuksesan sebelumnya di tahun 2006. Jumlah 21 Tim PKM tahun ini bahkan berhasil menempatkan UNM sebagai peringkat enam dalam daftar Universitas dengan jumlah Tim terbanyak yang melaju ke Pimnas.

Suasana Pendampingan Tim PKM FMIPA 2019 oleh Pimpinan Fakultas dan Ketua LPM UNM

 

Sejak diluncurkan di tahun 2001, PKM sebagai event tahunan yang digelar Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) ini telah memperoleh respon positif di kalangan mahasiswa dan pimpinan perguruan tinggi di Indonesia. Setiap tahun, ratusan perguruan tinggi beradu dalam mengembangkan kreativitas dan inovasi pada bidang yang dikompetisikan, diantaranya bidang penelitian, kewirausahaan, pengabdian kepada masyarakat, penerapan teknologi, dan karsa cipta.

Keberhasilan FMIPA meloloskan delapan tim PKM ke Pimnas adalah hasil dari pembimbingan rutin oleh para dosen pembina PKM di masing-masing jurusan yang dimotori oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Drs. H. Syukri Nyompa, M.Si., Ph.D. Berikut ini delapan tim PKM FMIPA yang melaju ke Pimnas 2019:

  1. PKM Penelitian eksakta, “Pengembangan Metode Ekstraksi Atom Besi (Fen+) Eritrosit Sapi sebagai Basis” oleh Khairil Asnan Haedar, Mohd. Sadzan Asra, Aprialdy Idrus. Jurusan Biologi. Pembimbing: Diana Eka Pratiwi, S.Si., M.Si.
  2. PKM Penelitian eksakta, “Membran Logam Berat dan Limbah cair Berbahaya Berbasis Komposit Geopolimer FLY-ASH/TiO2-rGO” oleh Anita Dewi Permatasari, Nursalfaul Fahira, Nurkhofifa Fadhila. Jurusan Fisika. Pembimbing: Drs. Subaer, M.Phil., Ph.D.
  3. PKM Penelitian Sosial Humaniora, “Solusi Permasalahan Sosial Kecanduan Game Online Menggunakan Pemodelan Matematika SEIR pada Siswa Di SMP Negeri 3 Makassar” oleh Nurul Azizah Muzakir, Dian Pebriani, Syana Nurul Utari. Jurusan Matematika. Pembimbing: Prof. Syafruddin Side, M.Si., Ph.D.
  4. PKM Penelitian Sosial Humaniora, “Etnomatematika Budaya: Ekplorasi Nilai-Nilai Matematika dalam Pembuatan Perahu Phinisi” oleh Muh Mahfud, Muqsitul Qadri, Ashabal. Jurusan Matematika. Pembimbing: Dr. Asdar.
  5. PKM Pengabdian kepada Masyarakat, “Pemberdayaan Kelompok Ibu PKK melalui LADY KAKA Di Kelurahan Batangkaluku” oleh Hamia, Irnawati, Muh. Wahyu, Sakinah Amalia, Wahyudin. Jurusan Biologi. Pembimbing: Dr. Arsad Bahri, S.Pd., M.Pd.
  6. PKM Pengabdian kepada Masyarakat , “Metode Ummi sebagai INCARAN bagi Anak-Anak Jalanan di Kota Makassar.” Oleh Uswatun Nisa, Nurmasita, Nur Riska, Nurul Aizah Aleng, Rosna Wati. Prodi Pendidikan IPA. Pembimbing: Muhammad Aqil Rusli, M.Pd.
  7. PKM Pengabdian kepada Masyarakat, “Anobave (Aneka Olahan Buah Mangrove) Sebagai Upaya Pelestarian Hutan Mangrove Kelurahan Bontorannu” oleh Destiquama, Muhammad Wahyu, Nurul Maulidya, Nurwahidah, Wardiman. Jurusan Geografi. Pembimbing: Amal Arfan, M.Si., Ph.D.
  8. PKM GFK, “Agen Neptunus Indonesia 2019” oleh Muhammad Thafshir, Ulfa. Jurusan Fisika. Pembimbing: Mutahharah Hasyim, M.Si.
Foto Bersama Tim PKM FMIPA UNM 2019

 

Seminar pembekalan hari ini, merupakan pendampingan kedua setelah sebelumnya dilakukan pendampingan pertama di Ruang Senat FMIPA pada 2 Agustus 2019. Rangkaian kegiatan pendampingan tersebut merupakan wujud dukungan penuh pimpinan FMIPA UNM untuk memotivasi dan memantapkan persiapan tim PKM FMIPA untuk berkompetisi di tingkat nasional. Dengan adanya pendampingan PKM FMIPA, para mahasiswa yang akan berlaga di Pimnas optimis dapat memberikan karya terbaik mereka. “Ini adalah bentuk persembahan kami untuk Almamater. Harapannya, tim kami bisa membawa pulang medali untuk Almamater tercinta.” Ungkap Khairil Asnan sebagai salah satu mahasiswa FMIPA yang berhasil lolos ke Pimnas.

 

(Kontributor: Andi Citra Pratiwi, Andi Asmawati Azis)