FMIPA UNM Gelar Penyambutan Mahasiswa Baru Angkatan 2019

 

Rapat Senat FMIPA untuk Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2019

 

Jumat, 16 Agustus 2019, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam menggelar Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) melalui rapat senat yang diperluas di Pelataran Gedung Science Square FMIPA Universitas Negeri Makassar. Dekan FMIPA, Drs. Suwardi Annas, M.Si., Ph.D., menyambut baik kehadiran 973 mahasiswa baru yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia. Selain merekrut siswa siswi terbaik sebagai perwakilan dari berbagai daerah di Indonesia, FMIPA juga merekrut mahasiswa berdasarkan capaian prestasi di bidang olahraga dan seni. Di hadapan para mahasiswa baru, anggota senat dan dosen FMIPA, Dekan FMIPA mengungkapkan rasa bangga terhadap para mahasiswa baru yang telah menjadi bagian dari generasi terbaik di bidang Pendidikan dan Sains.

Sebagai bentuk motivasi kepada seluruh mahasiswa, Dekan FMIPA juga memperkenalkan berbagai prestasi yang berhasil dicapai para alumni, diantaranya Rukman Muslimin dari Jurusan Biologi yang berhasil meraih Beasiswa Second Century Fund untuk studi doktoral di Chulalongkorn University Thailand dan Ulfa Aulyah Idrus dari Jurusan Matematika yang berhasil meraih Beasiswa Fullbright untuk melanjutkan studi magister di Amerika. Berbagai pencapaian dan prestasi para alumni merupakan bukti nyata kemampuan Universitas Negeri Makassar, khususnya Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, untuk menghasilkan alumni yang berkualitas. Pencapaian para alumuni FMIPA ini juga mendukung pernyataan Prof. Dr. Husain Syam, M. TP., selaku Rektor Universitas Negeri Makassar yang mengucapkan selamat kepada para mahasiswa baru FMIPA karena telah berhasil menjadi bagian dari Fakultas terbaik di Universitas Negeri Makassar dengan jumlah professor sebanyak 21 orang dan doktor sebanyak 89 orang. Menjadi bagian dari Civitas Akademika Universitas Negeri Makassar, khususnya di lingkungan FMIPA, adalah langkah awal yang tepat bagi para mahasiswa baru untuk dapat mengikuti jejak alumni FMIPA yang telah mengukir prestasi baik di dalam maupun di luar negeri.

Salah satu alumni terbaik FMIPA, Prof. Dr. Jasruddin, juga hadir untuk memberi motivasi kepada para mahasiswa baru. Sebagai alumni terbaik FMIPA yang saat ini menjabat sebagai Ketua LLDikti IX, Prof. Jasruddin menegaskan pentingnya penguasaan teknologi, penguasaan bahasa asing, dan kewirausahaan bagi mahasiswa untuk bisa meraih kesuksesan di abad 21 ini. Penguasaan ketiga keterampilan tersebut dinilai menjadi faktor penting yang dapat mendukung keberhasilan mahasiswa dalam persaingan di era global. “Jika tidak menguasai teknologi, itu berarti buta huruf. Jika hanya menguasai bahasa daerah, dan tidak menguasai bahasa asing, itu juga buta huruf. Buta huruf yang ketiga adalah jika Anda tidak bisa menjual ide. Sekecil apapun ide itu, jika anda bisa mengemas dan kemudian menjualnya, maka anda bisa menjadi orang sukses.” ungkap Prof. Jasruddin di hadapan ratusan mahasiswa baru FMIPA.

Menggarisbawahi peran penting penguasaan bahasa asing untuk mendukung kesuksesan di era global, Prof. Jasruddin mengusulkan program pembuatan passport bagi seluruh mahasiswa di hadapan para pimpinan FMIPA. “Buatkan satu program, wajib punya passport bagi mahasiswa, supaya bisa ke luar negeri.” Usul Prof. Jasruddin yang juga bertugas sebagai di dosen Jurusan Fisika FMIPA UNM.

Lembaga Kemahasiswaan juga tidak ketinggalan memberikan sambutannya kepada para mahasiswa baru, diantaranya Majelis Permusyawaratan Mahasiswa dan Badan Eksekutif Mahasiswa FMIPA, yang memotivasi mahasiswa baru agar mampu mewujudkan peran sebagai agen perubahan dengan mengimplementasikan ilmu ke masyarakat.

(Kontributor: Andi Citra Pratiwi, Andi Asmawati, Rahmayani)