Pelaksanaan TOEFL bagi 973 Mahasiswa Baru FMIPA

 

Suasana Pelaksanaan TOEFL di Gedung Science Square FMIPA UNM

 

Sabtu, 31 Agustus 2019, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar bekerjasama dengan WEnglish untuk  melaksanakan Test of English as a Foreign Language (TOEFL) kepada Mahasiswa Baru Kelas International Class Program (ICP) dari Jurusan Fisika, Matematika, Kimia, dan Biologi. Pelaksanaan TOEFL ini ditujukan untuk mengukur keterampilan Bahasa Inggris mahasiswa baru FMIPA. Hasil pengukuran kemampuan bahasa Inggris tersebut selanjutnya akan dikirimkan ke masing-masing jurusan sebagai bahan pertimbangan para pimpinan jurusan dalam penentuan kebijakan terkait peningkatan kemampuan bahasa Inggris mahasiswa.

Upaya peningkatan kemampuan bahasa Inggris mahasiswa saat ini menjadi perhatian penting pimpinan FMIPA, mengingat semakin banyaknya peluang beasiswa dan pertukaran pelajar di dalam dan luar negeri yang mensyaratkan kemampuan Bahasa Inggris yang memadai. “Untuk memfasilitasi mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, saat ini FMIPA menyediakan pendampingan secara gratis melalui kerjasama dengan Education USA sebagai lembaga yang dibawahi oleh Kementrian Luar Negeri Amerika Serikat. Pelaksanaan pendampingan untuk memperoleh beasiswa serta untuk peningkatan kemampuan bahasa inggris bersama Education USA akan dimulai pada 5 September 2019.” Ungkap Wakil Dekan Bidang Kerjasama dan pengembangan, Dr. Andi Asmawati Azis, M.Si, yang juga menghadiri dan memantau secara langsung pelaksanaan TOEFL bagi mahasiswa baru ICP di Gedung SS Lantai tiga FMIPA Universitas Negeri Makassar.

Mahasiswa baru terlihat serius mengikuti Test of English as a Foregin Language

Sebelum pelaksanaan TOEFL, para mahasiswa diberi penjelasan tentang pentingnya kemampuan Bahasa Inggris di era global serta berbagai program yang dapat mereka ikuti jika memiliki nilai TOEFL yang memadai, salah satunya Program Pertukaran Pelajar selama satu semester di Chulalongkorn University Thailand. Mengetahui berbagai jenis program yang dapat mereka ikuti, termasuk untuk melanjutkan pendidikan dengan beasiswa di dalam dan di luar negeri, para mahasiswa terlihat sangat antusias mengikuti TOEFL. Pengalaman mengikuti TOEFL adalah kali pertama bagi sebagian besar mahasiswa baru FMIPA. Karenanya, pelaksanaan TOEFL ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan motivasi mahasiswa baru untuk semakin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris hingga dapat membangun kolaborasi dalam pergaulan internasional.

 

(Kontributor: Andi Citra Pratiwi, Andi Asmawati Azis, Rahmayani)