Test Potensi Akademik kembali digelar FMIPA UNM

Minggu, 9 Februari 2020, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar menggelar Test Potensi Akademik (TPA) bekerja sama dengan Unit Usaha Otonom Penyelenggara Test (UU OPT) Bappenas.

TPA yang dilaksanakan di Gedung FF 103 FMIPA UNM ini diikuti oleh 45 peserta dari berbagai wilayah di Sulawesi dengan latar belakang pendidikan yang beragam, diantaranya lulusan S-1 dan S-2 yang sedang mempersiapkan berkas untuk studi lanjut dengan beasiswa.

Pelaksanaan Test Potensi Akademik ini diawasi langsung oleh pihak Bappenas, Bapak Edy Purwanto. Pengawasan langsung dari pihak Bappenas dilakukan untuk menjamin pelaksanaan test sesuai dengan standar yang telah ditetapkan UUO PT Bappenas.

Test Potensi Akademik periode pertama di tahun 2020 ini juga dihadiri oleh Wakil Dekan bidang Kerja sama dan Pengembangan, Dr. Andi Asmawati Azis. “Penyelenggaran TPA di FMIPA UNM dilakukan untuk mewadahi berbagai keperluan mahasiswa dan masyarakat umum. “Pelaksanaan TPA ini penting karena menjadi salah satu syarat untuk pendaftaran magister dan doktoral di berbagai universitas, dan juga untuk keperluan sertifikasi dosen.” Ungkap Wakil Dekan bidang Kerja Sama dan Pengembangan.

Suasana Test Potensi Akademik

Test Potensi Akademik sebagai wujud kerjasama antara FMIPA Universitas Negeri Makassar dan UU OPT Bappenas diadakan secara rutin setiap tiga bulan sekali. TPA periode selanjutnya diperkirakan dapat terlaksana sekitar bulan april 2020 dengan kuota peserta minimal 35 orang. Untuk itu, FMIPA Universitas Negeri Makassar kembali membuka pendaftaran TPA Periode II tahun 2020. Mahasiswa dan masyarakat umum yang berminat dapat mendaftar secara langsung di Gedung Sciece Square Lt. 2 FMIPA Universitas Negeri Makassar atau dapat pula melalui pendaftaran secara online via link bit.ly/formTPA220. (Kontributor berita: A. Citra Pratiwi, Wahyudi Jasman).