Profesor dari Hiroshima University Bawakan Kuliah Umum di FMIPA UNM

Rabu, 26 Februari 2020, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam(FMIPA)Universitas Negeri Makassar menggelar kuliah tamu dengan tema “Concept of Natural Product Discovery and Utilization Isolated from Sulawesi Island for Creating The Ecosystem Diversity.” Kuliah ini dibawakan oleh Professor Kenji Arakawa dan Dr. Yosi Nindita dari Graduate School of Integrated Sciences for Life, Hiroshima University.

Kuliah tamu yang dilaksanakan di Gedung Science Square FMIPA ini dibuka oleh Wakil Dekan FMIPA Bidang Kerja sama dan Pengembangan, Dr. Hj. Andi Asmawati Aziz, M.Si., dan dihadiri oleh dosen dan mahasiswa dari berbagai jurusan di Fakultas MIPA.

Mahasiswa dari Jurusan Kimia, Jurusan Biologi, dan Prodi Pendidikan IPA yang mengikuti kegiatan ini menunjukkan antusiasme yang tinggi terkait materi yang dipaparkan Prof Arakawa dan Dr. Yosi, khususnya mengenai mekanisme isolasi dan karakterisasi metabolit sekunder dari kelompok bakteri Actinomycetes. Dosen-dosen dari Jurusan Biologi juga hadir dan mengapresiasi kesediaan Prof. Arakawa dan Dr. Yosi untuk mendiskusikan kajian riset mereka terkait potensi dan eksplorasi senyawa bahan alam (natural product) di Sulawesi Selatan.

Kehadiran Prof. Arakawa di Universitas Negeri Makassar terkait kolaborasi riset dengan Dr. Alimuddin Ali, dosen Jurusan Biologi FMIPA UNM, untuk melakukan eksplorasi dan pemanfaatan senyawa bahan alam (natural product) di Sulawesi Selatan. Kolaborasi penelitian yang mereka lakukan berjudul “Exploring and Extensive Utilization of Natural Product in Sulawesi Island, Indonesia, Creating The Ecosystem Diversity,” dengan dukungan dari Japan Society For The Promotion of Science (JSPS). Dalam kerja sama riset ini, dua peneliti lain dari Jepang juga terlibat, yaitu Prof. Hisato Kuniyoshi (Hiroshima University) dan Assist. Prof. Hiroki Koyama (Tokyo University of Marine Science and Technology).

Selain memberikan kuliah umum, Prof. Arakawa dan Dr. Yosi juga melakukan kunjungan Laboratorium di Laboratorium Kimia dan Laboratorium Biologi FMIPA UNM. Kunjungan lab ini didampingi langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UNM, Prof. Dr. Rer Nat, Muharram, M.Si, dan Dekan FMIPA, Drs. Suwardi Annas, PhD.

(Penulis:Andi Citra Pratiwi, Kontributor: Rukman Muslimin)

Sumber: unm.ac.id/2020/03/06/profesor-dari-hiroshima-university-bawakan-kuliah-umum-di-fmipa-unm/