Prodi Statistika Gelar Virtual Workshop Kurikulum S1 Statistika di Era Disrupsi dan Kampus Merdeka

Senin, 27 Juli 2020, Prodi Statistika FMIPA Universitas Negeri Makassar dan Forum Pendidikan Statistika (FORSTAT) Indonesia menyelenggarakan Virtual Workshop Kurikulum S1 Statistika di Era Disrupsi dan Kampus Merdeka. Workshop ini menghadirkan Prof. Drs. Subanar, Ph.D., dari Universitas Gadjah Mada dan Yudhie Andriyana, M.Sc., Ph.D., dari Universitas Padjajaran, sebagai narasumber. Sejumlah 320 peserta dari 46 universitas di Indonesia, diantaranya dari Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Padjajaran, Universitas Negeri Semarang, Universitas Airlangga, Universitas Negeri Padang, Universitas Syiah Kuala, dan Universitas Cendrawasih.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Dekan FMIPA Universitas Negeri Makassar, Drs. Suwardi Annas, M.Si. Ketua FORSTAT Indonesia, Dr. Suhartono, M.Sc., juga hadir dan memberi penjelasan singkat terkait perkembangan Prodi Statistika di Indonesia saat ini.

Sebanyak 320 peserta berpartisipasi dalam workshop yang diselenggarakan melalui zoom

Pada sesi utama, Prof. Drs. Subanar, Ph.D memaparkan tentang penerapan Kurikulum Merdeka Belajar untuk Prodi S1 Statistika., dan dilanjutkan dengan pemaparan tentang Kurikulum S1 Statistika di Era Disrupsi oleh Yudhie Andriana, M.Sc., Ph.D.

Kegiatan workshop ini dilanjutkan dengan sesi diskusi pada dua ruang paralel. Ruang paralel pertama membahas tentang “Kurikulum Merdeka Belajar untuk Prodi S1 Statistika” yang dipandu oleh Dr. Edy Widodo, S.Si., M.Si dari Universitas Islam Indonesia dan Dr. Sri Wahyuningsih, M.Si., dari Universitas Mulawarman. Ruang paralel kedua membahas tentang Kurikulum S1 Statistika di Era Disrupsi, yang dipandu oleh Dr. Miftahuddin, S.Si., M.Si. dari Universitas Syiah Kuala dan Dr. Ismail Djakaria, M.Si., dari Universitas Gorontalo.

“Kegiatan workshop virtual ini sangat bermanfaat, khususnya bagi para pendidik di bidang statistika. kegiatan ini menjadi wadah bagi para akademisi untuk berdiskusi, berbagi pengalaman, dan berkolaborasi untuk peningkatan kualitas kurikulum S1 Statistika di Indonesia.” ungkap Dinda Marzuki, salah satu peserta workshop virtual.

Kegiatan ini terselenggara berkat semua pihak yang telah berkontribusi, mendukung, dan memfasilitasi terlaksananya acara diantaranya:
Ketua Panitia: Prof. Drs. H. M. Arif Tiro, M.Pd. M.Sc., Ph.D.
Moderator: Ibu Dr. Ruliana, S.Pd., M.Si.
Anggota:
Aswi, S.Pd., M.Si., Ph.D.,
Andi Citra Pratiwi, S.Pd., M.Ed.,
Zulkifli Rais, S.Pd., M.Si.,
Andi Indra Jaya, S.Stat.,
Riangkaryaman, S.Stat.

*Reporter: KersbangFMIPA
Translate »