Jurusan Biologi FMIPA UNM Gelar PKM di Kabupaten Takalar, Salah Satunya Pembuatan Mayonnaise dan Thousand Island

Sabtu, 15 Agustus 2020, Tim Dosen Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Makassar sukses menggelar Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di Kabupaten Takalar. Salah satu kegiatan pelatihan yang dilaksanakan adalah pembuatan salad sayur, mayonnaise, dan thousand island bagi kelompok guru IPA di Kabupaten Takalar. Pelatihan pembuatan salad sayur ini dilaksanakan sebagai upaya mendorong perilaku hidup sehat melalui peningkatan kebiasaan makan sayur di kalangan masyarakat.

Pelatihan dimulai dengan pemaparan terkait peran penting pola hidup sehat melalui pola makan yang sehat oleh Dr. Andi Asmawati Azis, M.Si., sebagai Ketua Tim Pengabdi. Setelah pemaparan materi, para peserta didampingi untuk membuat mayonnaise tanpa bahan pengawet dengan bahan dasar telur dan minyak. Sementara itu, thousand island dibuat dengan mencampurkan mayonnaise, saos tomat, dan saos cabe dengan perbandingan 3 : 2 : 1. Mayonnaise dan thousand island yang telah dibuat masing-masing kelompok selanjutnya digunakan sebagai dressing salad sayur.

Suasana Pelatihan Pembuatan Salad Sayur, Mayonnaise, dan Thousand Island di Kabupaten Takalar

 

Peserta pelatihan yang merupakan Kelompok Guru MGMP IPA di Kabupaten Takalar menunjukkan antusiasme yang tinggi selama pelatihan. Pasalnya, ini pertama kalinya mereka mengikuti pelatihan pembuatan salad sayur. Ketua MGMP IPA Kabupaten Takalar, Rusdianto, S.PD., M.Sc., turut hadir dan memberi penilaian pada empat kreasi salad sayur hasil karya peserta pelatihan yang dikompetisikan.

Setelah kegiatan pembuatan salad sayur secara berkelompok, kegiatan pelatihan dilanjutkan dengan penugasan individu untuk membuat kreasi salad sayur masing. “Saya sangat mengapresiasi hasil kreasi salad sayur peserta pelatihan. Kreasi salad sayur yang ditampilkan sangat memuaskan.” ungkap Dr. Andi Asmawati Azis.

Kreasi salad sayur hasil karya salah satu peserta pelatihan, Balak Daeng, S.Pd., dari SMP Negeri 1 Mappakasunggu Kabupaten Takalar.

 

 

Translate »