Tim Dosen Jurusan Biologi FMIPA UNM Gelar Penyuluhan Penanganan Scabies di tengah Pandemi Covid

Tim Dosen Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Makassar sukses menggelar Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di Kabupaten Takalar pada tanggal 15 Agustus 2020 berlokasi di SMPN 2 Takalar. Salah satu kegiatan pelatihan yang dilaksanakan adalah PKM Pelatihan Pencegahan Resiko Penularan Penyakit Scabies dalam Keluarga pada Masyarakat di Kabupaten Takalar. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya mendorong perilaku hidup bersih sehat melalui pencegahan penyakit scabies,   apalagi dalam kondisi sekarang (pandemic covid) warga diberi penyuluhan mengenai penanganan, pencegahan dan pengobatan penyakit scabies di lingkup keluarga.

Pelatihan dimulai dengan pemaparan terkait pencegahan serta pengobatan penyakit scabies jika terlanjur terinfeksi oleh dr. Irma Suryani Idris, Sp.KK sebagai Ketua Tim Pengabdi, yang dibantu oleh tim pengabdi yaitu Dr. St.Fatmah Hiola dan A.Irma Suryani, S.Pd, M.Si. Sebelum diberikan penyuluhan, peserta yang terdiri dari warga yang berprofesi sebagai Guru, terlebih dahulu diberikan pre test, untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan mereka terhadap penanganan dan pencegahan scabies. Setelah penyuluhan, dilakukan post test, untuk mengetahui seberapa paham pesertamengenai penyakit scabies ini setelah diberi penyuluhan oleh tim pengabdi.

Suasana PKM Pelatihan Pencegahan Resiko Penularan Penyakit Scabies dalam Keluarga pada Masyarakat di Kabupaten Takalar yang tetap memperhatikan protokol kesehatan

Peserta pelatihan yang merupakan Kelompok Guru MGMP IPA di Kabupaten Takalar, menunjukkan antusiasme yang tinggi selama pelatihan. Pasalnya, ini pertama kalinya mereka mengikuti penyuluhan selama masa pandemic covid dan mendapatkan informasi secara langsung mengenai penanganan penyakit scabies di lingkungan keluarga dan berkonsultasi langsung dengan dokter ahlinya secara gratis. Dengan adanya kegiatan PKM ini, diharapkan peserta yang telah mengikuti penyuluhan, yang berprofesi sebagai guru, dapat menyebarkan informasi yang diperoleh di lingkungan keluarga dan sekolah serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih apalagi di masa pandemi saat ini.

Tim PKM yang diketuai oleh dr.Irma Suryani Idris (tengah), bersama anggota tim Dr. St.Fatmah Hiola (kiri) dan A.Irma Suryani, M.Si (kanan), tetap memperhatikan protokol kesehatan selama penyuluhan
Translate »