Mahasiswa FMIPA Meraih Juara II Duta Bahasa Sulawesi Selatan

Muh. Wahyudi Jasman, berhasil meraih Juara II Duta Bahasa Sulawesi Selatan

 

Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNM, Muh. Wahyudi Jasman, berhasil meraih Juara Dua di ajang Pemilihan Duta Bahasa se-Sulawesi Selatan (Sulsel) yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan. Malam puncak penganugerahan Duta Bahasa Sulawesi Selatan dilaksanakan di Mal Phinisi Point (PiPo), Jl Metro Tanjung Bunga, Makassar, Sulawesi Selatan.

Wahyudi mengungkapkan rasa bangga atas prestasi yang diraihnya setelah berhasil bersaing dengan 50 peserta dari berbagai kampus di wilayah Sulawesi Selatan.

“Saya sangat bersyukur dan bangga atas pencapaian ini karena proses pemilihan duta bahasa sangat menantang dan menguji kemampuan berbahasa kami, baik bahasa indonesia, bahasa daerah, maupun bahasa asing. Selain itu, dewan juri juga menguji kecakapan berpikir kami tentang ide apa yang bisa diberikan untuk memartabatkan bahasa indonesia,” ungkap Wahyudi.

Sebagai Duta Bahasa Sulawesi Selatan, mahasiswa Jurusan Biologi ini berharap pemuda dapat meningkatkan rasa bangga dalam menggunakan bahasa Indonesia sebagai salah satu wujud rasa cinta tanah air. “Rasa bangga untuk menggunakan bahasa Indonesia harus di pupuk sejak dini, karena pemuda adalah penentu dan kita adalah aspek penting untuk menjaga bahasa Indonesia agar bermartabat di negeri sendiri,” tuturnya.

Proses seleksi Duta Bahasa Sulawesi Selatan terdiri atas beberapa tahap yang harus dilalui peserta. Tahap pertama adalah seleksi berkas, yang meliputi penilaian biodata dan esai bertema Inovasi Kegiatan Kebahasaan dan Kesusatraaan.

Tahap selanjutnya adalah tes Uji kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI), presentasi esai dan tanya jawab, wawancara kepribadian, serta tes kaidah kebahasaan, penguasaan bahasa, orasi kebahasaan. Kegiatan ini ditutup dengan sesi tanya jawab pada sesi grand final.

Mawapres FMIPA tahun 2018 ini mengungkapkan bahwa proses seleksi yang dilaluinya cukup ketat. Selain karena berkompetisi dengan mahasiswa terbaik dari berbagai kampus di Sulawesi Selatan, juga karena dewan juri yang merupakan dosen-dosen berpengalaman di Makassar seperti Dra Zainab, M Hum, Dra Nasmila, Dip TESL M A Ph D, Eva Maizara Puspita Dewi SPsi, MPsi dan Dr. Salam, M.Pd.

Wahyudi mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada para dosen di Lingkungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, khusunya dosen-dosen Jurusan Biologi FMIPA UNM yang selama ini telah memberi bimbingan dan dukungan bagi Wahyudi untuk terus berprestasi.

Reporter: KersbangFMIPA

Translate ยป