Sosialisasi & Pelatihan Software Statistika (SPSS)

Parang tambung–  HMPS Statistika FMIPA UNM Tahun 2020 melaksanakan kegiatan Sosialisasi & Pelatihan Software Statistika (SPSS) dengan tema “Buktikan Data dengan Aplikasi untuk Literasi Bangsa” yang terbuka untuk umum melalui via daring Zoom. Kegiatan Sosialisasi & Pelatihan Software Statistika (SPSS) ini merupakan program kerja dari IHMSI Wilayah V yang diamanahkan ke Himpunan Statistika FMIPA UNM (7 – 8/11).

Kegiatan ini sangatlah penting mengingat software pada kondisi sekarang ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat terkhusus mahasiswa, hal ini untuk memudahkan mereka dalam menjalankan aktivitas-aktivitas seperti dalam dunia perkuliahan, perkantoran, dan dalam proses pembelajaran yang menggunakan software. Dengan adanya software tersebut dapat memudahkan dalam mengolah berbagai macam data sesuai kebutuhan masing-masing individu. Perkembangan software berfungsi sebagai pendorong kemajuan yang menimbulkan rancangan kepada perkembangan zaman diera globalisasi seperti sekarang ini dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Untuk itu, dengan kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan dan kualitas mahasiswa dalam penguasaan program software statistika.

Kegiatan dimulai dengan pembukaan dan sambutan dari Ketua Umum HMPS Statistika FMIPA UNM Tahun 2020, Sekretaris Wilayah V IHMSI dan selanjutnya sambutan oleh Sekretaris Jendral IHMSI sekaligus membuka kegiatan Sosialisasi & Pelatihan Software Statistika (SPSS). Kegiatan dilanjutkan dengan Materi Umum dengan materi penggunaan software statistika dalam pengolahan data oleh Dr. Ruliana S.Pd., M.Si.

Pemberian materi software R dan Python. Peserta dapat memilih untuk materi pelatihan yaitu R dan Python. Materi pelatihan yaitu pengenalan elemen software statistika (dasar dan kegunaan) dan pelatihan software (input data dan rumus-rumus). Materi software R dibawakan oleh Rahmat HS, S.Pd., M.Si. dan materi software Python dibawakan oleh Muh Nurfiqri Adham dan Irfan Khalid.

Kegiatan dilanjutkan pada tanggal 8 November 2020 dengan materi pelatihan lanjutan (studi kasus) dan pelatihan lanjutan (praktik). Setelah pelatihan dilaksanakan dilanjutkan dengan penutupan yang ditutup oleh Sekretaris Wilayah V IHMSI. “Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada teman-teman pengurus harian HMPS Statistika FMIPA UNM Tahun 2020 yang telah berupaya menyukseskan salah satu program kerja dari IHMSI Wilayah V, kemudian kepada pemateri yang sangat luar biasa yang telah menyempatkan waktunya untuk berbaur kepada kami semua, serta peserta Sosialisasi & Pelatihan Software Statistika saya berharap kegiatan kali ini dapat menjadi awal yang baik untuk kawan-kawan sekalian untuk bagaimana bisa membuktikan data dengan aplikasi untuk literasi” tutur, Sekretaris Wilayah V IHMSI.

 

 

 

Translate »