Pelatihan Blog bagi Mahasiswa FMIPA UNM

Pemberian materi Cara Membuat Blog yang Menarik oleh Komunitas Blogger Makassar via Zoom Cloud Meeting (27/02) (Doc.LPM BIOma)

Parang Tambung- Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi (HIMABIO) dan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) berkolaborasi dengan Komunitas Blogger Makassar untuk mengadakan pelatihan dengan tema Klinik Blog 2021. Kegiatan ini berlangsung  melalui via Zoom Clouds Meetings pada Sabtu (20/02).

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan digital mahasiswa, khususnya melalui pengelolaan dan pengembangan blog. Kegiatan ini telah dijadwalkan akan berlangsung sebanyak 8 kali setiap pekan di hari Sabtu. Setiap pekannya peserta akan disuguhkan beragam materi seputar Blog yang setiap materinya akan dibawakan oleh anggota-anggota dari komunitas Blogger Makassar yang berpengalaman. Pada hari pertama, telah dibahas seputar Blog yang berjudul “Langkah-Langkah Membuat Blog” dibawakan oleh pemateri Herman Yudiono atau sering dipanggil Kang Herman yang juga merupakan founder Bloggingmo.

Selama materi berlangsung, beliau menjelaskan materinya dengan jelas dan cukup berkesan. Materi yang dijelaskannya berupa tips dan cara membuat blog yang menarik. Hingga di akhir materi, beliau membuka sesi pertanyaan kepada seluruh peserta. Berdasarkan pertanyaan-pertanyaan bagus yang dilontarkan sebagian peserta cukup memukau Kang Herman. Beliau yakin semua peserta yang menyempatkan hadir sangat menunjukkan ketertarikan terhadap dunia blogger. Adapun dipenghujung acara, beliau memberikan closing statement yang cukup memotivasi.

“Ketika ingin memulai menjadi seorang blogger professional, yang perlu kita siapkan ialah tujuan yang kuat dan matang sehingga saat menemukan masalah kita tidak mudah menyerah begitu saja. Ibarat sebuah perahu di tengah danau, jika tidak tau arahnya mau kemana maka akan mudah perahu itu tenggelam” Tuturnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh banyak peserta, tidak hanya dari mahasiswa Biologi UNM. Salah satu peserta dari  FMIPA Unhas bernama Andi Irmayanti Ismail, mengaku sangat senang bisa mengikuti kegiatan ini meskipun dilaksanakan secara daring namun tetap memberi kesan yang luar biasa.

“Saya senang bisa mengikuti kegiatan ini, sebab sudah lama saya mencari tahu tentang dunia blog tapi rasanya kurang puas. Lalu ketika mendengar adanya kegiatan ini saya pun langsung bergabung melalui link zoom yang dibagikan oleh teman saya. Besar harapan saya, saya bisa membuat blog dengan rasa percaya diri seperti yang disampaikan oleh Kang Herman”. Tuturnya ketika dihubungi melalui via WhatsApp.