Pencanangan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNM sebagai Zona Integritas Anti Korupsi dan Wilayah Birokrasi dan Bersih Melayani (WBK/WBBM)

Parang Tambung- Bertempat di Ruang Teater Lantai 3 Menara Phinisi Universitas Negeri Makassar, dilaksanakan Pencanangan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNM sebagai Zona Integritas Anti Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Acara pencanangan ini dihadiri oleh Rektor Universitas Negeri Makassar, Prof. Dr. Ir. H. Husain Syam, M.TP., IPU, dan Itjen Kemendikbud, Dr. Chatarina Muliana Girsang, S.H., S.E,M.H. Sejumlah 100 orang peserta yang terdiri atas pimpinan jurusan, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan di lingkup FMIPA UNM hadir dalam kegiatan tersebut dengan tetap mengikuti protokol kesehatan, jaga jarak dan memakai masker.

Dalam sambutannya, Rektor UNM menyampaikan bahwa di tahun 2020 Universitas Negeri Makassar diberikan tugas oleh Kementrian untuk menetapkan satu unit menjadi zona integritas. Dari 10 fakultas dan pascasarjana yang menjadi pilihan,  Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dipilih untuk menjadi Zona Integritas di lingkup UNM. Namun, Rektor menegaskan bahwa Universitas Negeri makassar siap untuk melaksanakan zona integritas jika pihak kementrian ingin menetapkan seluruh Fakultas di Universitas Negeri  Makassar menjadi zona integritas, karena mekanisme dan pelaksanaan pelayanan antara satu fakultas dengan fakultas yang lainnya memiliki sistem yang sama.

Dekan FMIPA UNM, Drs. Suwardi Annas, M.Si., Ph.D., memberikan laporan tentang perkembangan Zona Integritas di FMIPA UNM. Dekan FMIPA optimis FMIPA UNM dapat menyukseskan pelaksanaan reformasi birokrasi melalui Zona Integritas Anti Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Dalam sambutannya, Ibu Chatarina M Girsang menegaskan bahwa pencanangan Zona Integritas merupakan langkah awal untuk menyukseskan reformasi birokrasi. Hal tersebut membutuhkan komitmen para pimpinan untuk terjun langsung dalam menyukseskan reformasi birokrasi, sehingga keberhasilannya dapat diukur oleh Kemenpan.

 

(Doc. Dr. Chatarina Muliana Girsang, S.H., S.E,M.H. dalam Acara Pencanangan Zona Integritas FMIPA UNM)

Pencanangan Zona Integritas ini merupakan salah satu upaya untuk mempersiapkan mahasiswa di lingkup Universitas Negeri Makassar agar tumbuh menjadi insan intelektual dan berkarakter yang baik, sehingga mendukung terwujudnya sumber daya manusia Indonesia yang unggul dan tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan.

Translate »