FMIPA UNM gelar Sosialisasi MBKM secara Daring

Parang Tambung- Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar menggelar Sosialisasi Program MBKM secara daring melalui zoom meeting. Dekan FMIPA UNM, Drs. Suwardi Annas, M.Si., Ph.D turut hadir dalam kegiatan tersebut. Sejumlah 184 peserta yang terdiri dari Dosen maupun mahasiswa FMIPA dari berbagai jurusan menghadiri kegiatan ini (4/7).

Sosialisasi  MBKM merupakan kebijakan baru yang dibuat oleh Kemendikbud. Kebijakan Kampus Merdeka ini merupakan kelanjutan dari konsep Merdeka Belajar. Dr. Haeruddin selaku ketua dari MBKM Universitas Negeri Makassar menyampaikan bahwa tim MBKM UNM saat ini telah mengoptimalkan upaya untuk menyebarluasan informasi MBKM, termasuk melalui pemanfaatan media sosial.

Dr. Sultan, S.Pd., M.Pd., menyampaikan informasi terbaru terkait kampus mengajar. Peserta kampus mengajar akan memperoleh subsidi dari pemerintah. Bagi mahasiswa yang lolos pada program kampus mengajar akan memperoleh subsidi sebesar 1.2 juta untuk uang saku dan 2.4 juta untuk pembayaran UKT.

(Doc. Peserta Sosialisasi MBKM FMIPA UNM)

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi mahasiswa untuk mendaftar pada program kampus mengajar, yaitu :

1. Minimal semester 5 program S1
2. IPK mininal 3 dari skala 4
3. Asal perguruan tinggi di bawah Dirjen Dikti dengan akreditasi prodi minimal B
4. Menyertakan prestasi dan pengalaman mengajar berorganisasi (sebagai poin tambahan)
5. Memperoleh surat rekomendasi dari dekan

 

Dr. Sultan mendorong para mahasiswa untuk memberi kontribusi bagi bangsa dan negara melalui program Kampus Mengajar. Kontribusi yang bisa diberikan oleh mahasiswa melalui kampus mengajar, yaitu:

  1. Membantu guru dalam pelaksanaan pembelajaran khususnya pembelajaran literasi dan numerik,
  2. Membantu adaptasi teknologi dalam proses pembelajaran, dan
  3. Membantu kepala sekolah dalam manajerial sekolah.
Sosialisasi MBKM bagi mahasiswa FMIPA UNM

 

“Melalui program pertukaran mahasiswa, para mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan softskill, sehingga mampu berbaur dengan orang-orang dari beragam latar belakang dan meningkatkan nilai persatuan dan kesatuan.” Ungkap Ryan Rayhana, M.Pd yang merupakan tim inti MBKM UNM.

 

Selain penjelasan terkait program kampus mengajar dan pertukaran mahasiswa, tim inti MMKM UNM juga menjelaskan tentang program pendampingan literasi dan numerasi yang dikhususkan bagi mahasiswa Fakultas Bahasa dan Fakultas MIPA. Bidang keilmuan yang diutamakan untuk pendampingan literasi adalah Bahasa dan Pendidikan, sedangkan untuk pendampingan numerasi diutamakan bidang keilmuan MIPA. Oleh karena itu, mahasiswa FMIPA UNM memiliki peluang besar untuk berpartisipasi pada program pendampingan literasi dan numerasi ini.

 

Penjelasan Program Pendampingan Literasi dan Numerasi

 

Program MBKM lainnya yang juga dapat diikuti oleh mahasiswa FMIPA UNM adalah Program Magang dan Studi Independen bersertifikat. “Program magang bersertifikat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman kerja di industri/dunia profesi nyata selama 1-2 semester. Sedangkan studi independen bersertifikat merupakan program yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang memiliki karya besar yang dilombakan di tingkat internasional atau karya dari ide inovatif ataupun untuk melakukan riset dan pengembangan.” Ungkap Fajar Arwadi, salah seorang dosen Jurusan Matematika yang juga merupakan tim inti MBKM UNM.

 

Tim MBKM UNM menjelaskan program Magang dan Studi Independen

 

Berdasarkan penjelasan tim MBKM UNM, mahasiswa yang mengikuti program magang dan studi independen dapat memperoleh beberapa keuntungan, karena program tersebut merupakan kesempatan bagi untuk melakukan program sertifikasi yang diakui oleh kemendikbudristek selama 1-2 semester penuh. Selama pelaksanaan kegiatan magang, mahasiswa akan memperoleh subsidi dari pemerintah untuk biaya partisipasi dan biaya hidup. Selain itu, mahasiswa juga akan memperoleh sertifikat jika menyelesaikan program magang pada lembaga mitra.

 

Dekan FMIPA UNM memotivasi para mahasiswa dari seluruh program studi di FMIPA berpartisipasi aktif dalam menyukseskan program MBKM. “Kita mengharapkan mahasiswa FMIPA dan mahasiswa lain di UNM turut serta dalam mencerdaskan anak bangsa melalui kampus mengajar.” Ungkapnya.

Translate »