Tim Kedaireka Universitas Negeri Makassar Adakan Webinar Series 2 “Pembuatan Pupuk dan Pakan Berbasis Black Soldier Fly (BSF)”

(FMIPA – Makassar) – Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar acara webinar series 2 tentang “Pembuatan Pupuk dan Pakan Berbasis Black Soldier Fly (BSF)” pada Sabtu (6/11/21). Webinar ini diselenggarakan secara daring melalui platform Zoom Cloud Meeting pukul 09.00 WITA. Acara tersebut turut dipandu oleh Dosen Jurusian Biologi, FMIPA UNM,  Rachmawati, S.Si, M.P., Ph.D

Webinar series 2 ini menghadirkan narasumber yang berkompeten yakni Prof. Oslan Jumadi, S.Si, M.Phil. Ph.D yang merupakan Ketua Laboratorium Biologi FMIPA UNM dan Kamaruddin, S.Pi., M.Si yang merupakan Peneliti Madya, Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau dan Penyuluhan Perikanan. Sebelum acara webinar ini dimulai terdapat arahan dari Dr. Ir. Ichsan Ali, M.T selaku Wakil Rektor Bidang Kerja Sama UNM.

Prof Oslan Jumadi mengungkapkan bahwa pupuk berbasis BSF sangat sustainable untuk digunakan.

“Pupuk berbasis BSF ini merupakan pupuk sustainable yang bisa diproduksi dan dikomersialisasi untuk meningkatkan produksi jagung. BSF ini sangat potensial sekali untuk mengkonversi bahan buangan menjadi biomassa. Pupuk BSF ini juga cukup mengandung nitrogen, posfat, kalsium, dan potassium yang cukup tinggi,” ungkapnya.

Sementara itu, Kamaruddin mengingatkan bahwa pemanfaatan tepung magot ini lebih bagusnya jika pengambilan pada saat larva dewasa atau bayi larva.

“Pada pemanfaatan tepung magot ini lebih tepatnya saat kita ambil di larva dewasa atau bayi larva. Kemudian ukuran pakan harus disesuaikan dengan bukaan mulut ikan budidaya yakni bisa emulsi, pasta, lempengan, remah, dan pellet,” ucapnya.

Di akhir webinar, moderator membuka sesi pertanyaan yang akan dijawab oleh kedua narasumber. Dengan banyaknya pertanyaan ataupun tanggapan balik dari peserta webinar menunjukkan bahwa acara webinar kali ini sangat bermanfaat.

Contributor :
Editor : Ahmad Dahlan

Translate »