UNIT PUBLIKASI FMIPA UNM GELAR WORKSHOP PENGELOLAAN OPEN JOURNAL SYSTEM (OJS)

Makassar, FMIPA UNM- Unit Publikasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Workshop Pengelolaan Open Journal System (OJS) (16/2). Kegiatan tersebut dilaksanakan secara offline pada ruang senat Gedung Menara FMIPA UNM dan dibuka secara langsung oleh Wakil Dekan IV, Ibu Dr. Andi Asmawati Aziz, M.Si. Kegiatan workshop ini menghadirkan pemateri Ansari Saleh Ahmar, M.Sc (Gambar 1).

Wakil Dekan Bidang Kerja Sama dan Pengembangan FMIPA UNM mengemukakan bahwa “Publikasi adalah simbol akademik yang harus kita tingkatkan”. Beliau mengemukakan harapannya agar unit publikasi ini menjadi wadah bagi para dosen di lingkup FMIPA UNM dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi. “Saya berharap melalui kegiatan workshop ini, jurnal yang dikelola oleh setiap prodi bisa berbasis OJS, sehingga akreditasi setiap jurnal bisa lebih ditingkatkan lagi” ungkap Dr. Andi Asmawati Aziz, M.Si.

(Gambar 1. Pembukaan Workshop Pengelolaan OJS)

Ketua Unit Publikasi, Aswi, Ph.D., melaporkan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 38 peserta yang terdiri dari 2 perwakilan dari setiap jurnal yang dikelola di setiap prodi ditambah tim unit publikasi FMIPA UNM. Beliau melaporkan bahwa ada 13 jurnal yang sudah beroperasi saat ini, yaitu:

  1. Jurnal penelitian Sainsmat FMIPA (SINTA 4).
  2. Journal of Mathematics, Computations, and Statistics (JMathCos) (SINTA 5).
  3. Issues in Mathematics Education (IMED) (dalam proses akreditasi).
  4. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (SINTA 5).
  5. Bionature (SINTA 5).
  6. Biology Teaching and Learning (BTL) (SINTA 5).
  7. Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia (dalam proses akreditasi).
  8. ChemEdu Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia (dalam proses akreditasi).
  9. Jurnal Environmental Science (SINTA 4).
  10. LaGeografia (SINTA 5).
  11. Jurnal IPA Terpadu (SINTA 5).
  12. VARIANSI: Journal of Statistics and Its Application on Teaching and Research (SINTA 5).
  13. Jurnal pengabdian SMART FMIPA (belum terakreditasi)

Beliau menambahkan bahwa rencana akan ada 1 jurnal tambahan di Prodi Pendidikan IPA, 1 di Prodi Fisika dan 1 jurnal pengabdian di Jurusan Matematika.

(Gambar 2. Pemaparan Materi oleh Bapak Ansari Saleh Ahmar, M.Sc.)

Pemateri workshop, Bapak Ansari Saleh Ahmar, M.Si., memaparkan materinya secara detail dan para peserta workshop sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini (Gambar 2). Peserta dapat mempraktekkan secara langsung materi yang didapatkan dengan memperbaiki jurnal yang mereka kelola masing-masing. Setelah materi selesai, kegiatan workshop sehari ini ditutup secara resmi oleh Ketua Tim Unit Publikasi dan berfoto bersama.

Translate »