FMIPA UNM Tambah Lagi Doktor Baru

Barcelona │Dosen Program Studi S1 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar yang juga Tim IT FMIPA UNM, Ansari Saleh Ahmar, S.Si., M.Sc. berhasil meraih gelar Doktor pada Business School, Universitat de Barcelona, Spanyol dengan Ph.D. field: Mathematical Methods for Business, Finance and Insurance. Dengan Promotor Dr. Eva Boj del Val melalui penelitian disertasi berjudul “SutteARIMA is a New Approach to Forecast Economics, Business, and Actuarial Data”, Ansari mempertahankan disertasinya di hadapan penguji yang dilaksanakan secara daring pada Rabu (11/05/2022) dengan Predikat Cum Laude dengan lama studi kurang dari 3 tahun.

Dosen beranak dua tersebut  mengungkapkan bahwa metode peramalan yang selama ini dikenal perlu memiliki kebaruan yaitu dengan melakukan kombinasi metode untuk memperoleh tingkat akurasi peramalan yang lebih baik. Lebih lanjut, Dr. Ansari mengatakan bahwa SutteARIMA merupakan metode peramalan yang mengkombinasikan metode α-Sutte Indicator  dengan ARIMA dan metode ini diperoleh dari hasil serangkaian ujicoba kombinasi pada 200 artificial data yang berupa data trend, non-trend, seasonal, non-seasonal, dan kombinasinya. SutteARIMA ini juga telah dipublikasi di publikasi ilmiah internasional bereputasi (Q1 dan Q2 pada Science Citation Index Expanded).

Pencapaian dosen ini diharapkan dapat mendukung peningkatan kualitas pembelajaran di Program Studi S1 Statistika. Lebih dari itu, nilai kebaruan yang dihasilkan dari disertasi Doktor tersebut juga menjadi pendukung dalam peningkatan kualitas penelitian dan pengabdian masyarakat di Universitas Negeri Makassar, khususnya di lingkungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Segenap civitas akademika FMIPA Universitas Negeri Makassar mengucapkan selamat kepada Ansari Saleh Ahmar, Ph.D., Doktor baru FMIPA Universitas Negeri Makassar. Semoga ilmu yang diraih dapat membawa kebermanfaatan bagi dunia pendidikan di Indonesia.

Translate »