Guna Menyiapkan Generasi Berkarakter Pancasila: Dosen Program Studi Pendidikan IPA, FMIPA UNM Gelar Pelatihan Penyusunan Asesmen Projek P5 untuk Guru IPA Bulukumba

Dalam upaya menyiapkan generasi muda yang berkarakter Pancasila, dosen Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar menyelenggarakan pelatihan penyusunan asesmen Projek P5 bagi guru-guru IPA di Kabupaten Bulukumba. Kegiatan ini berlangsung pada tangga 27 – 28 Juli 2024 di Gedung phinisi, Kabupaten Bulukumba dan diikuti oleh 52 orang peserta yang merupakan anggota Musyawarah Guru Mata Pelajaran IPA Kabupaten Bulukumba.

Nurfitra Yanto, S.Pd., M.Pd selaku ketua tim Pengabdian kepada Masyarakat, menjelaskan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru IPA dalam menyusun instrumen asesmen yang valid dan reliabel untuk mengukur ketercapaian Profil Pelajar Pancasila melalui Projek P5 pada Kurikulum Merdeka.

“Implementasi Kurikulum Merdeka menuntut guru untuk mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik serta mampu melakukan asesmen yang holistik. Projek P5 menjadi salah satu wadah penting untuk membentuk karakter dan kompetensi peserta didik sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila,” jelas.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber yang berpengalaman di bidang kurikulum dan asesmen, yaitu Nurfitra Yanto, S.Pd., M.Pd selaku Ketua Tim PkM, Dr. Hj. Ramlawati (Ketua Program Studi Pendidikan IPA, Nur Indah Sari,S.Pd., M.Pd dan Zulqifli Alqadri, S.Pd., M.Pd. Materi yang disampaikan meliputi konsep dasar Projek P5, penyusunan rubrik penilaian, teknik observasi dan penilaian sikap, serta pengembangan instrumen penilaian autentik.

Diharapkan melalui pelatihan ini, guru-guru IPA di Kabupaten Bulukumba dapat lebih siap dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, khususnya dalam merancang dan melaksanakan Projek P5 yang efektif serta melakukan asesmen yang tepat untuk mengukur perkembangan karakter dan kompetensi peserta didik.

-Nur Indah Sari-

Translate »