FMIPA UNM melaksanakan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

Rabu, 2 September 2020 Jurusan Geografi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar melaksanakan Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) di Kabupaten Takalar, tepatnya di Kecamatan Polongbangkeng Utara.

Posko Induk Mahasiswa Program MBKM

 

Program MBKM dilaksanakan untuk mendampingi masyarakat pedesaan dalam menghadapi era baru digitalisai data base desa  untuk meningkatkan kemampuan literasi digital dalam perencanaan pembangunan di Desa Mitra. Pada kegiatan ini dihadiri oleh para Pimpinan Fakultas, yaitu Dekan FMIPA UNM, Wakil Dekan Bidang Akademik FMIPA UNM, Wakil Dekan Bidang Umum & Keuangan FMIPA UNM, dan Wakil Dekan Bidang Kerjasama & Pengembangan FMIPA UNMdan seluruh pimpinan di Jurusan Geografi.Pada acara penyerahan mahasiswa program MBKM di Kantor Kecamatan Polombangkeng Utara oleh Bapak Dekan FMIPA UNM juga dilakukan penanda tangan Memorandum of Agrement (MoA) dengan Camat.

Dekan FMIPA UNM, Drs. Suwardi Annas, M,Si., Ph.D memberi sambutan pada kegiatan MBKM di Kantor Kecamatan Polongbangkeng Kabupaten Takalar

 

Penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA)

 

Bentuk kegiatan yang dilaksanakan adalah Membangun Desa dengan melibatkan 3 desa mitra yaitu Desa Pa’rappunganta, Desa Lassang Barat dan Desa Balangtanaya yang diikuti oleh 74 peserta dengan pembimbing lapangan 14 dosen. Kegiatan ini akan berlangsung selama kurang lebih 6 bulan mulai dari tahap persiapan, pelaksanaanprogram kegiatandi desa mitra. Persiapan dimulai pada bulan Juli sampai agustus dan kegiatan akan berakhir pada pertengahan bulan Desember 2020. Tema utama yang diusung adalah Digitalisasi Data Desa Menuju Desa Cerdas. Digitalisasi Data Desa (Data batas administrasi, data kependudukan, parawisata, pertambangan, pertanian, sarana jalan, ekonomi, pendidikan dan kesehatan) dengan memanfaatkan Teknologi Sistim Informasi Geografis dan Penginderaan Jauh.  Tema ini memang sangat sesuai di era industri digitalisasi karena  desa mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi dalam pengembangan data base desa untuk tujuan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di desa. Tak Lupa pula bapak Dekan FMIPA mengingatkan kepada seluruh peserta agar betul-betul bekerja sesuai dengan tema kegiatan dan selalu bersinergi dengan pemerintah setempat, serta memperhatikan aspek protokol kesehatan dengan senantiasa memamakai masker, menjaga kebersihan dan jarak selama berinteraksi dengan aparat di desa serta masyarakat setempat. Disamping itu, peserta merdeka belajar kampus merdeka senantiasa menjaga nama baik almamater Universitas Negeri Makassar.

Camat Polongbangkeng Utara, Muh. Rusli, sangat mengapresiasi serta menyambut baik program MBKM dan siap berdiskusi tentang program yang akan di jalankan dalam kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka ini.

Program MBKM FMIPA di Kabupaten Takalar
Translate »