FMIPA UNM kembali gelar kerjasama dengan Hiroshima University melalui Program e-Start

(Doc. Pertemuan e-Start secara daring melalui zoom meeting)

FMIPA UNM – e-START merupakan program kolaborasi Internasional antara Hiroshima University (Jepang) dan UNM Makassar (Indonesia) dalam bentuk kuliah bersama secara daring. e-START pada kamis 1 september untuk pertama kalinya. Program ini adalah program yang dilaksanakan oleh Hiroshima University dengan universitas partnernya untuk menciptakan sumberdaya manusia yang berwawasan global melalui kuliah bersama dengan mahasiswa asing dari latar belakang dan budaya berbeda dengan menggunakan Bahasa inggris (01/9).

Tema dari e-START program antara Hiroshima Univ-UNM ini adalah “Exploring and utilization of bioactive substances from tropical resources for health aging”. Koordinator dari program e-START ini adalah Prof. Kenji Arakawa (Hiroshima University), dan dosen dari UNM yang memberikan kuliah adalah Prof. Oslan Jumadi (Biologi, UNM), Dr. Alimuddin Ali (Biologi, UNM), dan Dr. Hartono (Biologi, UNM). Mahasiswa yang berpartisipasi adalah Shiori Ochi (Hiroshima Univ.) Komi Hayami (Hiroshima Univ.) Dina Amelia Ahmad (Kimia, UNM) Putri Nur Apriliani Basri (Biologi, UNM), Muh. Iqbal Fawzan (Biologi, UNM), dan Husnul Maisya Amin (Farmasi, STIFA Makassar).

Program kuliah Bersama ini merupakan lanjutan Kerjasama yang sebelumnya telah dilakukan melalui program penelitian Kerjasama International antara Hiroshima University (Prof. Kenji Arakawa) dan UNM (Dr. Alimuddin Ali, Biologi UNM) dengan tema “Exploring and Extensive Utilization of Natural Product in Sulawesi Island, Indonesia, Creating The Ecosystem Diversity” yang dibiayai oleh Japan Society for The Promotion of Science (JSPS), Jepang pada tahun 2019-2022.

Program e-START ini rencananya akan dilaksanakan beberapa pertemuan kuliah, diskusi, dan presentasi akhir dari 1 september sampai 30 september 2022.

 

 

Translate »