Program Rumah Cerdas Tim PPK Ormawa HMJ Matematika FMIPA UNM Menuju Abdidaya 2022

Tim PPK Ormawa Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) merupakan salah satu organisasi kemahasiswaan di UNM yang berhasil lolos dalam lomba yang dicanangkan Kemendikbudristek yaitu PPK Ormawa.

Dengan mengajukan judul “Program Rumah Cerdas Sebagai Upaya Peningkatan Literasi dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Mallongi Longi”  tim PPK Ormawa HMJ Matematika UNM berhasil lolos dan mendapatkan pendanaan dari Kemendikbudristek.

Tim PPK Ormawa mencanangkan pengadaan 5 Rumah Cerdas yaitu rumah cerdas digital, rumah cerdas membaca dan menulis, rumah cerdas finansial dan numerasi, rumah cerdas kesehatan, dan rumah cerdas agama, kebudayaan dan kewarganegaraan dengan masing-masing memiliki kurikulum pembelajaran kecakapan hidup yang berbeda-beda.

Adapun kelima pojok rumah cerdas nantinya akan dijaga dan diawasi langsung oleh para kaderisasi. Kader-kader terpilih yang telah diamanahkan untuk menjaga sekaligus mengajak masyarakat sekitar untuk turut andil menjaga dan memanfaatkan pojok rumah cerdas sebagaimana fungsinya dan yang diharapkan sebelumnya.

Fauzan selaku salah satu kader pojok rumah cerdas menjelaskan bahwa pengabdian yang dilakukan tim PPK Ormawa terkesan sangat baik dan mampu berinteraksi, merangkul serta sabar dalam mendidik dan mengajar  masyarakat sekitar dengan sifat yang berbeda mulai dari orangtua, bapak-bapak, ibu-ibu, terutama dengan anak-anak.

“Bicara soal kesan terkait dengan pengabdian mahasiswa PPK orwama. Di Desa Mallongi Longi Dusun Paladang Sangat-sangat baik. Walaupun di awal terkesan canggung tapi lama kelamaan dan mungkin seringnya bertatap muka sehingga bisa akrab bahkan saya mengganggap sebagai kakak sendiri. Satu hal yg membuat saya salut kepada kakak yaitu cara berinteraksi dengan masyarakat sekitar mulai dari  orang tua, bapak-bapak, ibu-ibu  dan terutama dengan anak-anak meskipun dihadapkan dengan berbagai sifat yg berbeda beda mereka, kalian bisa merangkul dan tetap sabar dalam mendidik dan mengajari mereka,” jelasnya.

Nana selaku warga sekaligus orang tua menerangkan bahwa kegiatan tim PPK Ormawa sangat bagus dan mendidik dimana anak bisa mendapatkan banyak ilmu serta menambah wawasan mereka lewat media yang disediakan tim PPK Ormawa dengan berbagai aspek ilmu. Salah satu yang paling berkesan menurutnya ialah kegiatan menabung yang sampai sekarang diterapkan oleh anaknya.

“Tanggapan saya sebagai warga dan sebagai orang tua dari anak-anak yang mengikuti kegiatan yang diadakan adik-adik PPK ormawa, menurut saya kegiatan mereka sangat bagus dan mendidik, dimana anak-anak mendapatkan banyak ilmu dan menambah wawasan mereka lewat media-media yang disediakan adik-adik PPK dalam membawakan materi mereka. Apalagi aspek ilmu yang diberikan cukup banyak, mulai dari  kesehatan, agama,  literasi,  kewirausahaan, dan lain-lain yang paling berkesan menurut saya adalah kegiatan menabung yang sampai sekarang Alhamdulillah masih diterapkan anak-anak saya di rumah.

Nana juga menambahkan bahwa dia senang dengan adanya tim PPK Ormawa begitupun dengan warga Mallongi Longi. Nana juga mengakui interaksi yang dibangun tim PPK Ormawa dengan warga sangatlah bagus, ramah dan sangat sopan. Bahkan dia beserta ibu-ibu yang sempat mengikuti kegiatan PPK Ormawa merasa sangat dihargai. Tim PPK Ormawa membangun kebersamaan yang membuat warga Mallongi Longi  merasa mempunyai anak baru yang cerdas dan akan selalu dinantikan kedatangannya.  Dia juga berterima kasih untuk tim PPK Ormawa atas ilmu, kebersamaan, apalagi  keceriaan yang begitu melekat.

“Bukan hanya anak-anak di Mallongi Longi yang merasa senang tetapi warga Malongi Longi khususnya dusun paladang  merasakan kesan yang baik dari tiap-tiap kegiatan dan keseharian  anak-anak PPK selama 2 bulan lamanya, interaksi yang dibangun dengan warga sangatlah bagus, mereka ramah dan sangat sopan. Ibu-ibu yang sempat mengikuti kegiatan PPK ormawa merasa sangat dihargai, mereka membangun kebersamaan yang membuat kami warga mallongi-longi  merasa mempunyai anak/adik baru yang cerdas dan akan selalu kami nantikan kedatangannya.  Terima kasih banyak untuk adik-adik PPK ormawa untk ilmunya, kebersamaannya, apalagi  keceriaannya yang begitu melekat ketika mengingat adik2 PPK ormawa.”

Dosen pendamping PPK Ormawa HMJ Matematika FMIPA UNM, Said Fachry Assagaf S.Pd.,M.Sc mengatakan bahwa kontribusi mahasiswa melalui tim PPK Ormawa HMJ Matematika UNM sebagai agen perubahan diharapkan dapat merangkul semua kalangan dalam pengembangan literasi guna untuk mencerdaskan bangsa, terkhususnya masyarakat Desa Mallongi Longi kec. Lanrisang, Kab. Pinrang.

“Semoga mahasiswa melalui PPK Ormawa HMJ Matematika FMIPA UNM berhasil meningkatkan budaya literasi warga setempat yang menjadi lokasi sasaran dan hal-hal positif lainnya yang bersifat berkelanjutan.” ***

Translate »