Dosen dan Mahasiswa Statistika FMIPA UNM Laksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat tentang Literasi Data di Desa Manimbahoi

Tim Pengabdi yang terdiri dari Dosen dan Mahasiswa Program Studi Statistika FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar kegiatan bertajuk program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) melalui Skema Pemberdayaan Berbasis Masyarakat – Pemberdayaan Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) di Desa Manimbahoi Kecamatan Parigi Kabuparten Gowa, Rabu 6 September 2023, dengan judul: “Edukasi Literasi Data dalam Meningkatkan Perekonomian dan Pelayanan Administrasi Berbasis Digital di Desa Manimbahoi”.

Kegiatan PKM-PPM ini merupakan Penugasan Pengabdian dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Masyarakat (DRTPM), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Tahun 2023 dengan Tim Pengabdi yang terdiri dari Ansari Saleh Ahmar, S.Si., M.Sc., Ph.D. (Universitas Negeri Makassar), Zulkifli Rais, S.Pd., M.Pd. (Universitas Negeri Makassar), dan Akbar Iskandar, S.Pd., M.Pd., M.Kom. (Universitas Teknologi AKBA Makassar).

Ketua Pelaksana Pengabdian Ansari Saleh Ahmar mengatakan, kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan bagian dari salah satu Tridharma Perguruan Tinggi.

“Kegiatan ini penugasan dari DRTPM Kemdikbudristek, salah satu bentuk pengabdiannya yaitu edukasi literasi data pada masyarakat desa dan aparat desa” katanya.

Dalam pemaparannya, Zulkifli Rais yang merupakan narasumber mengatakan bahwa hasil data sensus dilakukan oleh mahasiswa ini akan berguna nantinya dalam pengambilan kebijakan dan program kerja desa, misalnya dengan adanya data sensus, maka dapat dideteksi masyarakat yang memang berhak memperoleh bantuan dari desa atau tidak.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Kepala Desa, Sekretaris Desa, Ketua dan Anggota BPD, Aparat Desa (Kepala Dusun/Staf Desa), dan warga masyarakat Desa Manimbahoi. Ini merupakan langkah nyata menuju perubahan yang berkelanjutan dalam upaya peningkatan literasi di desa ini.

Dalam sambutannya, Sekretaris Desa yang mewakili Kepala Desa mengatakan bahwa pihak desa berterima kasih dan mengapresiasi Tim Pengabdi dan mahasiswa Program Studi Statistika FMIPA UNM karena telah membantu Desa dalam pendataan dan penginputan data SGDs serta sensus data desa yang terutama mengenai edukasi literasi bagi masyarakat. Lebih lanjut, Ketua BPD menambahkan bahwa agar kegiatan kemitraan seperti ini dapat terus terlaksana antara Pihak Desa Manimbahoi dan Universitas Negeri Makassar.

Translate »