TIM PKM Jurusan Biologi FMIPA UNM Melaksanakan Pelatihan Penulisan KTI bagi Guru-Guru Biologi di Kab. Gowa.

Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar (FMIPA UNM) menggelar Kegiatan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah (KTI) bagi guru-guru Biologi SMA di Kabupaten Gowa. Acara yang diikuti oleh guru-guru tersebut, diselenggarakan di UPT MTs Arifah Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan pada tanggal 9 September 2023 secara luring. Kegiatan pelatihan ini masih bisa berlanjut dalam bentuk monitoring dan diskusi hasil pelatihan yang dilakukan secara daring.

PKM ini diketuai oleh Hartono, S.Si., S.Pd., M.Biotech., Ph.D yang didampingi oleh Faisal, S.Pd., M.Pd. dan Prof. Arsad Bahri, S.Pd., M.Pd sebagai Anggota Tim PKM. Anggota Tim PKM ini merupakan dosen dari Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Makassar. Adapun kelompok masyarakat yang menjadi mitra dalam kegiatan ini adalah Guru-Guru Biologi SMA di Kabupaten Gowa. PKM ini merupakan salah satu program rutin yang dilaksanakan oleh dosen-dosen di jurusan biologi FMIPA Universitas Negeri Makassar sebagai bagian dari pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi. PKM ini dikoordinasi secara langsung oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar (LP2M UNM).

Ketua pelaksana PKM, Hartono, menyampaikan bahwa kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa kebanyakan guru-guru saat ini menghabiskan sebagian besar waktu mereka hanya untuk menjalankan tugas rutinitas dalam mengajar tanpa berpikir atau memiliki keinginan untuk menulis sebuah karya untuk meningkatkan kompetensi mereka. Padahal menghasilkan karya tulis ilmiah sudah menjadi tuntutan bagi guru-guru saat ini dimana KTI menjadi salah satu syarat promosi kenaikan jabatan/ pangkat guru melalui prestasi kerja. Hartono lebih lanjut menjelaskan bahwa masalah tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kurangnya pelatihan atau pencerahan untuk membekali para guru dengan kemampuan untuk menyusun dan menulis KTI serta bagaimana cara mempublikasikannya baik pada jurnal nasional terakreditasi maupun pada jurna internasional.

Hartono menambahkan bahwa tujuan diadakannya kegiatan PKM ini adalah untuk memotivasi dan memfasilitasi guru-guru anggota kelompok mitra dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka khususnya dalam teknik penulisan dan penyusunan karya tulis ilmiah serta mengetahui bagaimana cara mempublikasinya. Kegiatan ini pula diharapkan bisa meningkatkan budaya literasi khususnya bagi guru-guru di Sekolah yang bisa ditularkan ke anak didiknya. Peningkatan kegiatan literasi di Sekolah-sekolah di Indonesia saat ini merupakan salah satu fokus utama dari pemerintah kita saat ini.

Faisal sebagai salah satu pemateri dalam kegiatan PKM ini lebih lanjut menyatakan bahwa Kegiatan menulis karya ilmiah dan menyebarluaskan hasil-hasil penelitian dan gagasannya merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang guru dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Selain itu, hasil-hasil penelitian yang dipublikasikan ini juga dapat dimanfaatkan oleh semua pemangku kepentingan, termasuk dinas pendidikan dan perguruan tinggi dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan.

Kegiatan ini juga disambut gembira dan antusias oleh guru-guru yang terlibat dalam kegiatan pelatihan. Hal ini terlihat pada sesi kegiatan diskusi dan tanya jawab yang berlangsung aktif dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan peserta kepada pemateri kegiatan. Salah seorang peserta kegiatan PKM, Ulil Ardi Syahdan berharap bahwa kegiatan semacam ini bisa dilakukan secara rutin ditahun-tahun yang akan datang sehingga bisa membantu guru-guru di Sekolah untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu, melalui kegiatan PKM ini juga bisa tercipta hubungan yang sinrgis antara guru-guru di Sekolah dan perguruan tinggi khususnya UNM. Dalam kegiatan pelatihan ini pula tim pelaksana PKM juga memberikan tips-tips supaya atrikel ilmiah yang dibuat bisa cepat diterima untuk dipublikasi oleh Penerbit Jurnal.

Translate »