Pojok Statistik : Membangun Negeri dari Desa dengan Data Berkualitas

Makassar, 29 Agustus 2024 โ€“ Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar dan Badan Pusat Statistika (BPS) menyelenggarakan kegiatan Pojok Statistik dengan tema Membangun Negeri dari Desa dengan Data Berkualitas. Acara ini berlangsung di lantai 3 ruang pertemuan Menara FMIPA Universitas Negeri Makassar dan menghadirkan Bahri H.B., S.Stat, seorang Statistisi Ahli Pertama dari BPS Kabupaten Sinjai sebagai pembicara utama.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Wakil Dekan IV Dr. Khaeruddin, S.Pd., M.Pd, Ketua Prodi Statistika Ibu Dr. Ruliana, S.Pd., M.Si, dosen dan mahasiswa agen pojok statistika yang antusias untuk memperdalam pemahaman mereka mengenai pentingnya data berkualitas dalam pembangunan desa. Dalam pemaparannya Bahri H.B. menyampaikan bahwa pembangunan desa sangat bergantung pada data yang akurat dan berkualitas. Data yang baik dapat menjadi dasar untuk pengambilan keputusan yang tepat, yang pada gilirannya berdampak pada keberhasilan pembangunan di berbagai sektor, termasuk pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan infrastruktur.

“Peran data dalam pembangunan desa tidak bisa diabaikan. Data yang berkualitas adalah kunci untuk merencanakan dan mengimplementasikan program-program yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” ujar Bahri H.B. Ia juga menjelaskan peran BPS dalam mengumpulkan dan menyediakan data yang berkualitas untuk pemerintah daerah serta bagaimana masyarakat bisa ikut berkontribusi dalam menghasilkan data yang valid dan andal.

Translate ยป