Dosen Jurusan Fisika FMIPA UNM Menggelar Kegiatan PKM di SMAN 5 Takalar

Sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan pembelajaran sesuai dengan tuntutan kurikulum yang diberlakukan di seluruh wilayah Republik Indonesia maka diperlukan perencanaan, pelaksanan, hingga evaluasi pembelajaran. Salah satu kemampuan yang sangat mempengaruhi kualitas proses pembelajaran adalah kemampuan guru dalam memberikan pengajaran di kelas. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru-guru fisika di daerah Kabupaten Takalar.  

Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah adanya peningkatan kompetensi guru-guru Fisika di Kabupaten Takalar. Berangkat dari hal tersebut, Tim PKM Jurusan Fisika FMIPA UNM melakukan kegiatan Pengabdian Kepda Masyarakat yang ditempatkan di SMA Negeri 5 Takalar pada tanggal 22 Mei 2024. Kegiatan ini dilaksanakan bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar dengan MGMP Fisika Kabupaten Takalar.

Target kegiatan ini adalah guru-guru MGMP Fisika di Kabupaten Takalar. Peserta yang ikut dalam kegiatan ini berjumlah 30 Guru. Adapun metode yang digunakan dalam pelatihan yaitu dengan terlebih dahulu memberikan materkemudian melakukan diskusi dan tanya jawab kepada peserta terkait dengan materi yang telah disampikan Tim Pengabdi selanjutnya memberikan tugas mandiri kepada peserta untuk melatih mereka dalam pengaplikasinnya.

Pada kegitan ini mitra berperan aktif dalam hal menyiapkan tempat di salah satu sekolah di SMA Negeri 5 Takalar di Kabupaten Takalar. Hal ini tentu saja sangat memudahkan semua pekerjaan Tim pengabdi dalam melaksanakan kegiatan ini, selain itu mitra memfasilitasi kegiatan sampai terlaksana dengan baik dan juga Tim Pengabdi juga merasa sangat terbantu dengan adanya koordinasi dari Mitra terhadap guru-guru fisika di Kabupaten Takalar untuk mengikuti pelatihan ini.

Selama kegiatan berlangsung, peserta sangat antusias sehingga aktif dalam memberikan respon pada saat sesi tanya jawab. Mitra menyambut baik pelatihan yang diberikan hal ini terlihat dari sikap para mitra yang selalu bersikap baik dan ramah kepada Para Tim Pengabdi. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh Tim Pengabdi setelah dilakukannya pelatihan diketahui pengetahuan dan pemahaman guru-guru se-kabupaten Takalar meningkat, hal ini tercermin dari keaktifan para guru dalam kegiatan tersebut.

Translate »