Jurusan Fisika UNM Sukses mengadakan Guest Lecture dengan tema “Renewable Energy, Water, Waste, and Recycling: The New Circular Economy”

Makassar, 31 Agustus 2024 – Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar (UNM) sukses melaksanakan kegiatan Guest Lecture dengan tema Renewable Energy, Water, Waste, and Recycling: The New Circular Economy dengan menghadirkan Prof. Martin Anda (Murdoch University, Perth Australia), Prof. Tania Urmee (Murdoch University, Perth Australia), Prof. Jacqueline Lo (Murdoch University, Perth Australia), Prof. Dr. Ir. Januarti Jaya Ekaputri (ITS). Kegiatan dilaksanakan di lantai 12 Ruang Teater Menara FMIPA UNM yang dihadiri oleh 112 peserta secara luring dan ratusan peserta secara daring.

Prof Martin Anda, Ph.D selaku narasumber utama memaparkan bahwa pengelolaan air yang efisien menjadi perhatian utama ditengah tantangan perubahan iklim dan pertumbuhan populasi. Inisiatif baru termasuk pembangunan infrastruktur pengolahan air limbah yang lebih baik dan program konservasi air di seluruh negeri termasuk di Indonesia dan Sulawesi Selatan. Teknologi inovatif seperti daur ulang air dan penggunaan sistem irigasi yang hemat air diharapkan dapat mengatasi masalah kekurangan air dan mengurangi pencemaran. Pengelolaan sampah yang efektif merupakan komponen penting dari ekonomi sirkular. Kota-kota besar di Indonesia kini sedang mengimplementasikan sistem pemilahan sampah yang lebih baik dan mendorong partisipasi masyarakat dalam program daur ulang. Inisiatif ini bertujuan untuk mengurangi volume sampah yang masuk ke tempat pembuangan akhir dan meningkatkan tingkat daur ulang bahan-bahan seperti plastik, kertas, dan logam.

(Foto Pembukaan oleh Dekan FMIPA UNM, Prof. Drs. Suwardi Anas, M.Si., P.hD)

(Foto Para Narasumber Guest Lecture)

(Foto Bersama Narasumber, Para Pimpinan Fakultas dan Jurusan Fisika serta Peserta Guest Lecture)

(Foto Para Pimpinan Fakultas dan Peserta Guest Lecture)

Translate »