Asesmen Lapangan Akreditasi LAMDIK Prodi Pend. Kimia FMIPA UNM

Makassar, 27-30 Juli 2025 โ€” Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali menegaskan komitmennya terhadap mutu pendidikan melalui pelaksanaan Asesmen Lapangan Akreditasi dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan (LAMDIK) yang dilaksanakan selama empat hari, mulai tanggal 27 hingga 30 Juli 2025 di FMIPA UNM.

Kegiatan Asesmen Lapangan (AL) LAMDIK ini dilakukan oleh dua asesor ahli dari perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, yakni Prof. Dr. Hari Sutrisno, M.Si., dari Universitas Negeri Yogyakarta, serta Prof. Sulistyo Saputro, M.Si., Ph.D. dari Universitas Negeri Semarang. Asesor melakukan evaluasi menyeluruh terhadap seluruh aspek program studi, termasuk tata kelola akademik, kurikulum, fasilitas pendukung, sumber daya manusia, proses pembelajaran, serta capaian lulusan yang dibutuhkan untuk memenuhi standar mutu LAMDIK.

Pembukaan resmi Asesmen Lapangan LAMDIK diadakan pada tanggal 28 Juli 2025 di Ruang Senat Lt. 2 Menara FMIPA UNM, dihadiri oleh pimpinan fakultas dan jurusan di lingkungan FMIPA UNM, tim Penjaminan Mutu, serta pejabat yang terkait dengan pengelolaan mutu pendidikan Program Studi Pendidikan Kimia. Pada sambutannya, pimpinan fakultas menegaskan bahwa akreditasi LAMDIK merupakan instrumen strategis yang tidak hanya sebagai persyaratan regulasi, tetapi juga sebagai mekanisme penting untuk mendorong pengembangan mutu akademik dan daya saing lulusan.

Selama proses asesmen, asesor melakukan verifikasi dokumen akreditasi berbasis standar LAMDIK, observasi langsung pelaksanaan perkuliahan, wawancara dengan dosen, mahasiswa, alumni, dan stakeholder terkait, serta peninjauan fasilitas laboratorium dan sarana pendukung lainnya. Semua kegiatan ini bertujuan untuk mengukur kesesuaian program studi dengan standar akreditasi yang diterapkan oleh LAMDIK.

Ketua Program Studi Pendidikan Kimia menyatakan apresiasi atas pelaksanaan asesmen LAMDIK ini dan berharap hasilnya menjadi dasar perbaikan berkelanjutan guna menghadirkan lulusan yang unggul secara akademik dan siap berkompetisi di dunia kerja maupun riset ilmiah.

Kegiatan Asesmen Lapangan dari LAMDIK ini menjadi momentum strategis bagi FMIPA UNM khususnya Program Studi Pendidikan Kimia untuk semakin mengokohkan posisinya sebagai program studi berkualitas dengan orientasi mutu, inovasi, dan pelayanan pendidikan yang unggul di tingkat nasional.

Translate ยป