Prodi Statistika FMIPA UNM Sukses Menggelar Seminar Nasional Variansi ke 5

Kamis, 10 Oktober 2024, Prodi Statistika FMIPA UNM sukses menggelar Seminar Nasional Variansi (Venue Artikulasi-Riset, Inovasi, Resonansi-Teori, dan Aplikasi Statistika) ke-5 dengan tema: “Eksplorasi Peran Statistika dalam Mendukung Pengembangan Multiskills sebagai Inovasi Berkelanjutan “.  Seminar diadakan secara hybrid: lantai 12 Menara Fmipa UNM, Kampus UNM Parangtambung dan virtual melalui Zoom Meeting.  

Tahun ini, Program Studi Statistika FMIPA UNM berkolaborasi dengan HMPS Statistika FMIPA UNM dalam acara penutupan Olympic of Statistics (OLS) yang mengusung tema Exploring data driven futures by unleashing big data innovation. Dua kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan IV Bidang Kerjasama dan Pengembangan FMIPA UNM, Dr. Khaeruddin, M.Pd. Kegiatan ini turut menghadirkan narasumber Aryanto, S.Si., M.M. (Kepala BPS Sulawesi Selatan), Dr. Bagus Sartono, M.Si (Ketua Forstat Indonesia/IPB University), Dr. rer. Pol. Dedy Prastyo, M.Si. (ITS Surabaya), Prof. Drs. Muh. Arief Tiro, Ph.D (UNM Makassar). Peserta berasal dari 15 Perguruan Tinggi di Indonesia, diantaranya ITS, Universitas Indonesia, Universitas Hasanuddin, Universitas Mulawarman, Politeknik STIS, Universitas Haluleo, Institut Teknologi Sumatera, Universitas Lambung Mangkurat, PGRI Adibuana Surabaya, IAIN Sultan Gorontalo, UIN Raden Masaid Surakarta, Universitas Sulawesi Barat, STKIP Andi Matappa, Universitas Patompo, Akademi Industri Manufaktur Bantaeng, serta beberapa perguruan tinggi lainnya.

Foto Pemotongan Tumpeng oleh Wakil Dekan 1 FMIPA UNM dalam Rangka 10 Tahun Prodi Statistika FMIPA UNM

Selanjutnya, seminar tersebut diawali dengan peringatan hari lahir Program Studi Statistika yang ke-10 yang ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik FMIPA UNM.

Narasumber 1 Aryanto, S.Si., M.M. (Kepala BPS Sulawesi Selatan)

Narasumber pertama adalah Aryanto, S.Si., M.M., Kepala BPS Sulawesi Selatan, dengan topik Peran Statistik menuju Indonesia Emas 2045 yang menekankan bahwa peluang Statistisi dan Data Saintis sangat besar untuk berkontribusi di fase official statistics 4.0 atau yang dikenal dengan revolusi data. 

Narasumber 2 : Dr. Bagus Sartono, M.Si (Ketua Forstat Indonesia/IPB University)

Narasumber kedua adalah Dr. Bagus Sartono, M.Si., Ketua Departemen Statistika dan Sains Data sekaligus ketua forum pendidikan tinggi Statistika Indonesia (FORSTAT), dengan topik memaksimalkan machine learning dalam analitika data yang menekankan bahwa tren data saat ini sudah sangat beragam sehingga mahasiswa diharapkan mendapatkan pengalaman dengan data suara, teks, video, atau data mentah yang masih berantakan. Pada kondisi tersebut, membuat machine learning dilirik karena kemampuannya yang dapat menangkap pola yang tidak linear. Selain itu, statistisi dan data saintis dalam pengolahan data tidak hanya sampai pada tahap mendapatkan insight tetapi sampai pada tahap ,action, apa yang bisa dilakukan dengan data sehingga dapat berperan sampai ke ranah eksekutif.

Narasumber 3 : Dr. rer. Pol. Dedy Prastyo, M.Si. (ITS Surabaya)

Narasumber ketiga, Dr.rer.pol. Dedy Dwi Prastyo, M.Si., Ketua Program Studi Pascasarjana Statistika ITS Surabaya, dengan topik antara interpretasi dan prediksi: dua sisi tujuan pemodelan Statistika dan machine learning, melanjutkan dengan memperkenalkan pendekatan yang dapat digunakan untuk menjelaskan machine learning yang sulit untuk diinterpretasikan, black box.

Narasumber 4 : Prof. Drs. Muh. Arief Tiro, Ph.D (UNM Makassar)

Narasumber terkahir adalah Prof. Muhammad Arif Tiro, Ph.D., Guru Besar di Bidang Statistika UNM FMIPA UNM, menjelaskan tentang nilai-p dan fungsi keyakinan dalam inferensi statistis. Hal ini merupakan kemampuan dasar sebagai statistisi dan sains data dalam mengambil kesimpulan.

Sebagai ketua Panitia, Rahmat Hidayat menutup dengan harapan semoga seminar ini dapat bermanfaat dan berwawasan bagi semua





Translate »