Dosen Biologi FMIPA UNM Melakukan PKM Pelatihan Media Interaktif Mentimeter di MTS Arifah Gowa

Gowa, Sulawesi Selatan- Dosen Biologi FMIPA UNM melakukan Pelatihan Media Interaktif Mentimeter bagi Guru-Guru MTS Arifah. Kegiatan ini dilakukan untuk mengatasi persoalan yang dihadapi oleh mitra yaitu guru di MTS Arifah di Kab. Gowa dalam memahami media interaktif mentimeter dalam proses pembelajaran.

Pelatihan mentimeter dilakukan oleh Dr. Ismail, M.S, Dr. Syamsiah, M.Si, dan Dr. Asham Bin Jamaluddin, S.Pd., M.Pd yang dihadiri oleh 19 guru-guru MTS Arifah Gowa. Proses pelatihan dilakukan melalui beberapa tahap kegiatan seperti observasi, pelatihan, tugas mandiri/terstruktur, review tugas, dan evaluasi. Selama proses pelatihan, antusias peserta dalam mengikuti pelatihan adalah faktor utama kesuksesan proses pelatihan. Aktifnya proses tanya jawab terhadap narasumber dengan peserta pelatihan menjadi salah satu jalan menghadirkan proses pelatihan yang efektif atau tepat sasaran. Beberapa penelitian menuliskan, proses tanya jawab dapat memberikan penguatan yang maksimal terhadap pembelajar.

Gambar 1. Tim Pengabdian memberikan materi tentang media interaktif Mentimeter

Setelah proses pelatihan, dilakukan proses tugas mandiri, dan review tugas oleh peserta pelatihan guna memperdalam pengetahuan peserta mengenai pemahaman menggunakan media interaktif mentimeter. Pemberian tugas mandiri dan melakukan proses review tugas dapat meningkatkan pemahaman dan keterapilan peserta pelatihan. Hasil evaluasi terhadap keterampilan peserta disimpulkan bahwa 80% (dari 19 peserta) telah memahami pengetahuan dan terampil tentang menggunakan media interaktif mentimeter.

Translate »