Mahasiswa Statistika FMIPA UNM Merintis Tempat Wisata Baru di Gowa

Pemerintah Desa Manimbahoi Kab. Gowa bersama Mahasiswa Program Studi Statistika FMIPA UNM resmi membuka Objek Wisata Baru yang berlokasi di Dusun Bawakaraeng, Desa Manimbahoi, Kecamatan Parigi, KabupatenGowa, 03/08/2023. Objek wisata ini bernama Wisata Danau Bawakaraeng.

Pada peresmian objek wisata tersebut, Pemerintah DesaManimbahoi secara khusus mengapresiasi peran mahasiswa Statistika FMIPA UNM yang telah menginisiasikan peresmian objek wisata ini. “Dengan adanya kegiatan mahasiswa Statistika UNM disini tentunya memberikan dampak yang baik untukmasyakarat dan terutama potensi wisata yang ada di Manimbahoi. Kami berharap kegiatan pemberdayaan desa seperti ini dapat terus dilakukan oleh Program Studi Statistika UNM di Desa kami.” ucap Saharuddin.

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa dengan hadirnya objek wisata ini maka mampu menaikkan pendapatan desa dan tentunya promosi Desa Manimbahoi agar bisa dikenal di dunia luar.

Pembukaan wisata baru ini merupakan salah satu bentukkegiatan Bakti Sosial Aksi Nyata Ilmiah Mahasiswa VI (ANALISIS VI) HMPS Statistika FMIPA UNM Tahun 2023 yang bekerjasama dengan Mahasiswa KKN Statistika FMIPA UNM – yang merupakan mahasiswa Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) melalui Skema Pemberdayaan Masyarakat oleh Mahasiswa – yaitu pengembangan pariwisata. Kegiatan PKM ini berjudul “Edukasi literasi data dalam meningkatkan perekonomian dan pelayanan administrasi berbasis digital di Desa Manimbahoi”, merupakan PKM yang didanai oleh oleh Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Masyarakat (DRTPM), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2023.

Mahasiswa menjelaskan lebih lanjut bahwa diadakannya objek wisata ini bertujuan untuk lebih menarik wisatawan untuk berkunjung di Dusun Bawakaraeng, bukan hanya mendaki saja, para pengunjung juga bisa menikmati indahnya danau yang tenang dengan pemandangan gunung-gunung yang mejulang.

Danau Bawakaraeng ini berada di samping rute menuju Danau Tanralili, bagi pengunjung yang ingin mengunjungi danau dengan pemandangan yang indah tanpa berjalan jauh, Danau Bawakaraeng adalah tempat yang tepat.

Di danau Bawakaraeng memiliki spot foto yang indah, disanaada beberapa plang yang bisa dijadikan objek foto, ada gembokkenangan dimana para pasangan yang datang bisa memasang gembok dan membuang kuncinya ke danau, ada juga rumah pohon yang viewnya langsung menuju danau, dan tentunya adadanau yang indah dan tenang pilihan yang tepat untuk tempat healing dari hiruk pikuknya pekerjaan ataupun perkuliahan di Kota.

Translate »